uang dari warnet

Matinya koneksi internasional sangat berdampak bagi pemasukan warnet yang secara otomatis ditinggalkan para pengunjungnya. Mari kita coba menghitung berapa kira-kira kerugian mereka.

Irwin day, Ketua Umum Asosiasi Warung Internet Indonesia (Awari) mengatakan, kalangan warnet cukup banyak yang menjadi pelanggan Telkom Speedy. "Kira-kira hampir 50 persennya," ujarnya

Awari sebelumnya pernah mengatakan bahwa Indonesia memiliki sekitar 10 ribu warnet. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa jumlah warnet pengguna Speedy mencapai 5000 unit.

Sementara untuk jumlah komputer yang ada di tiap warnet, pastinya sangat beragam. Jika diambil rata-rata 10 komputer tiap warnetnya, menurut Irwin per hari biasanya mereka bisa mengantongi pemasukan sekitar Rp 600 ribu - Rp 800 ribu.

Dengan asumsi di atas, berarti bisa dikira-kira bahwa kerugian warnet karena tidak beroperasi selama sehari akibat tumbangnya koneksi internasional Speedy mencapai Rp 3 miliar - Rp 4 miliar (Rp 600 ribu - Rp 800 ribu dikali 5000 warnet). Wuih, angka tersebut tentunya sungguh tidak sedikit.

Meski demikian, nilai kerugian tersebut hanyalah hitungan-hitungan kasar, dan bisa jadi tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OST Doraemon - Legend of The Sun King

Siapa eisuke hondo?

QR Code (Kode QR)