Perjalanan Luar Biasa (3)

Ya! sekbid 9 baru ada di tahun ane menjabat! gak ada mantannya! ane sudah mengadukan itu ke a amar. Beliau bilang, silahkan bikin program baru, asal tidak menyimpang dari AD/ART OSIS dan permendiknas.

Ya, terciptalah beberapa program jangka panjang tertulis:mengadakan seminar ICT, mengaliri basecamp ekskur dengan internet, serta membentuk komunitas ICT di SMAN 2 Tasikmalaya. Dan jangka pendek adalah mengadakan LCT antar kelas tentang ICT dan mengadakan lomba blog se kota Tasikmalaya.

Dibalik program-program yang tertulis itu, banyak program yang tidak tertulis berenang-renang di pikiran ane sebenernya. Membuat website OSIS, mengaliri ruang osis dengan internet, bikin web hiburan buat warga smanda, dll. Ane mulai dulu dengan yang paling mungkin bisa, yaitu mengaliri ruang OSIS dengan internet.

Setelah komputer warisan dari OSIS periode 2007/2008 diperbaiki, akhirnya komputer itu bisa dipakai. Dan tentu saja bersama printer canon pixma sederhana. Semua lengkap. Setelah berkonsultasi dengan pak ade, koordinator laboratorium komputer, maka disetujui bahwa ruang OSIS dialiri internet. Pada mulanya, kabel diambil dari kelas khusus yang berada di sebrang ruang OSIS, sehingga melintasng melalui taman. Esoknya, Pak Edwin, wakasek ur. sarana dan prasarana kurang menyukai itu. Merusak pemandangan katanya. Akhirnya, kabel ditarik dari ruang bp. Ruang OSIS pun mengeluarkan dana untuk membeli kabel sepanjang 3 meter dan klem. Untungnya, semua terbayar. Ruang OSIS sudah dialiri internet 24 jam.

Setelah fasilitas mendukung, keinginan membuat website muncul. Banyak yang bilang, blog saja. Tapi, benak ane bilang, kalo blog saja tidak usah ada sekbid 9. Dan informasi yang ditawarkan rasanya amburadul kalo blog. Alhamdulillah, ane berhasil meyakinkan a amar sebagai ketua umum, dan a syauqy sebagai ketua koordinator untuk sekbid 5-10, untuk membuat website. Dana pun digelontorkan. Pada awalnya ane minta tolong sama pak adit, kebetulan beliau menjalin partnership dengan idwebhost.com. Beliau menawarkan paket space 200 mb dan bandwidth 10 GB. Karena ane masih awam saat itu, ane setuju saja. Harganya 240.000/tahun. Bendahara OSIS pun setuju.

Masalah hosting selesai. Tinggal domain. Kalo muluk, saya pengen top level domain. Namun,karena membutuhkan biaya lagi dan adanya saran dari laboratorium komputer agar website OSIS bersubdomain osis.smun2-tsm.sch.id. Karena, OSIS adalah bagian dari sekolah. Yah, disetujui juga akhirnya. Bermesin joomla, osis.smun2-tsm.sch.id pun diluncurkan. Dan efeknya, luar biasa.

Banyak yang mengkritik, domainnya sangat panjang. dan susah dihapal. Pelafalannya pun tidak familiar, sehingga harus ditulis jika akan memberitahu. Disamping itu, karena ane masih amatir dengan joomla, banyak yang bilang tampilannya plontos, tidak menarik.

Belum 6 bulan website itu dirilis, ane memutuskan untuk memberhentikan kontrak dengan idwebhost. Ane punya alasan. Ane nemu hosting yang lebih murah dan sedang promo memberikan domain secara gratis, rumahosting. Dengan biaya yang sama, 240.000/tahun, dengan space 1,5 GB dan bandwidth 40GB, tentu ane tertarik. Walalpun musti disemprot dulu bendahara karena kita telah rugi tidak membawa sisa kontrak yang 6 bulan lagi. Dengan mengesampingkan rasa malu yang ada, ane mengajukan lagi dana untuk website ini, dengan jelas:tidak akan ada lagi perubahan!

Kalo tidak salah, malam itu malam minggu. Malam instalasi website. Kebetulan, malam itu a amar, ane dan ihsan  menginap di ruang OSIS. Ane meminta pendapat domain apa yang cocok untuk website yang baru. Ane awalnya mengusulkan smandatas.org. Tapi, ihsan bilang, domain itu terlalu mengarah ke sekolah, bukan ke OSIS. A amar bilang osis-smandatas.org. Ane menentang, karena ada dash. Ane mengusulkan osissmandatas.org. Mereka pikir-pikir. Ane pun merevisi. Malas rasanya ada dua "s". Ane mengusulkan OSISMANDATAS.ORG. Masih pikir-pikir kita. Namun, sangat teramat tak disengaja, ane memencet tombol enter, yang ane kira itu membalas chat. Taunya, jendela yang aktif adalah jendela instalasi. Karena domain tidak bisa dirubah, ya sudahlah. jadinya OSISMANDATAS.ORG. Setelah itu, a amar jewer kuping ane dikit.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

OST Doraemon - Legend of The Sun King

Siapa eisuke hondo?

QR Code (Kode QR)